Monday, December 4, 2017

PENGERTIAN MASYARAKAT MULTI KULTURAL Yang wajib Kita Tau


Tidak di pungkiri kenyataanya ilmu itu luas sebelum membahas mengenai PENGERTIAN MASYARAKAT MULTI KULTURAL ini, kesimpulannya kita butuh membaca Sebab dalam kehidupan kita sehari-hari kita butuh kemampuan banyak hal yang belum tentu kita ketahui bagaimana caranya. Misalnya, supaya Bisa di keahlian tertentu yang kita harapkan, maka kita wajib mengikuti training yang memang membagikan ilmu yang kita butuhkan. Sebelum membahas mengenai PENGERTIAN MASYARAKAT MULTI KULTURAL, Sekarang, Bisa disimpulkan bahwa hanya membuka pemikiran kita untuk belajar kita Bisa menanggulangi masalah yang kita hadapi setiap hari. Kita membaca, akan mengubah diri kita, dari belum mengetahui, atau belum ahli di hal tertentu, supaya kita Bisa menyelesaikan segala sesuatu dalam kehidupan kita dan membuat kita semakin berbobot.

PENGERTIAN MASYARAKAT MULTI KULTURAL






Perhatikan bagus-bagus lingkungan di sekitarmu! Dari demikian banyak anggota masyarakat, dapatkah kita menemukan beberapa orang yang berbeda suku bangsa atau agama denganmu? Atau perhatikan teman di sekolahmu, apakah kita menemukan hal yang sama dengan hal di atas? bila kita menemukannya, berarti lingkungan sekitarmu Bisa disebut sebagai masyarakat multikultural. Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan masyarakat multikultural itu?

dengan cara sederhana Bisa dikatakan bahwa masyarakat multikultural merupakan suatu masyarakat di mana di dalamnya terdapat beraneka ragam bentuk budaya yang Bisa dilihat dari perbedaan suku bangsa, agama, ras, dan yang lainnya. Masyarakat multikultural ini biasanya juga diartikan sebagai masyarakat majemuk. Negara kita merupakan salah satu contoh dari demikian banyak masyarakat majemuk yang ada di dunia. Negara kita merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau, bagus besar ataupun kecil. Di samping banyaknya ras dan suku bangsa di Indonesia. Kita juga mempunyai ribuan bahasa, kesenian, dan juga system kekerabatan. Tentu aja ini berbanding lurus dengan suku bangsa dan ras. Sebab masing-masing dari mereka mempunyai aktivitas-aktivitas budaya yang tidak sama. Misalnya bahasa.

Dalam satu etnis aja, mungkin mempunyai bahasa yang berbeda. Belum lagi dilihat dari kesenian dan juga system kekerabatannya. Dapatkah kita bayangkan berapa jumlah suku bangsa yang tinggal di Indonesia, dan berapa kebudayaan yang Bisa terbentuk dari pulau-pulau yang tersebar di seluruh Nusantara ini? Sangat sulit, bukan? Yang jelas, dengan banyaknya suku bangsa dan bentuk kebudayaan yang ada di negara kita ini menunjukkan bahwa masyarakat kita merupakan masyarakat multikultural atau masyarakat majemuk. Kemajemukan itu wajib kita jaga dan pelihara dengan bagus dengan berpegang di semboyan ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Untuk memahami lebih jauh mengenai Pengertian masyarakat multikultural, ada baiknya kita menyimak pendapat para ahli sosiologi dan antropologi berikut ini.


1. J.S. Furnival
Masyarakat multikultural atau majemuk merupakan masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih komunitas atau struktur kelembagaan yang berbeda-beda satu sama lainnya.

2. Nasikun
Masyarakat majemuk atau multikultural merupakan suatu masyarakat yang menganut sistem nilai yang berbeda di antara berbagai kesatuan sosial yang menjadi anggotanya, sehingga para anggotanya kurang mempunyai loyalitas terhadap masyarakat sebagai suatu keseluruhan, kurang mempunyai homogenitas kebudayaan, dan bahkan kurang mempunyai dasar-dasar untuk saling memahami satu sama lain.

Dari dua pengertian tersebut, tampak lebih jelas mengenai apa yang dimaksud dengan masyarakat multikultural, bukan? Dalam definisinya, Furnival lebih menitikberatkan di hal yang bersifat materiil aja, atau hal yang tampak dalam struktur masyarakat, sedangkan Nasikun lebih melihat di sikap yang dikembangkan anggota masyarakat di dalam menanggapi keanekaragaman kelompoknya. Nasikun lebih melihat adanya beberapa sisi negatif dari sikap tersebut, Sebab satu sama lain merasa dirinya lebih eksklusif (istimewa) dibandingkan dengan kelompok yang lain.

0 Komentar PENGERTIAN MASYARAKAT MULTI KULTURAL Yang wajib Kita Tau

Post a Comment

Back To Top